Judul: Mitigasi bencana gempa bumi
Pendahuluan
Pembelajaran geografi tidak lepas dari hubungan ilmu fisik dan ilmu sosial.
Dalam ilmu geografi dapat beberapa ilmu yang langsung berhubungan langsung
dengan kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat di jadikan sebagai pembelajaran
yang kontekstual.
Dalam pembuatan LKS mitigasi bencana terdapat manfaat dan dan tujuan
yang diperuntukan dari guru ke siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran yang dilakukan guru terhadap siswa, haruslah mempunyai petunjuk
kegiatan pembelajaran atau rincian kegiatan yang jelas, rinci, runtut. Hal ini dapat
dijelaskan dari beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh guru dan siswa. Pada
kegiatan pembelajaran siswa menjadi terjadwal, jelas dan pasti. Rincian kegiatan
siswa dapat terperinci, secra detail, serta seluruh kegiatan siswa runtut dan terstruktur.
Dalam pemebelajaran ini memiliki tujuan yang diharapkan menjadi pedoman
pembelajaran bagi guru. Tujuan bagi siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran
diharapkan siswa mampu memahami dan menerapkan yang telah di pelajari disekolah
dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
KD: Menganalisis mitigasi mitigasi bencana dan adaptasi bencana alam dengan
kajian geografi, dengan beberapa materi pokok, jenis dan karakteristik bencana alam,
sebaran daerah rawan bencana alam di Indonesia, usaha pengurangan resiko bencana
alam, kelembanggan penanggulangan bencana alam.
Langkah-langkah pembelajaran dalam adaptasi bencana gempa bumi
a. Alat dan bahan
1. Artikel
2. Pensil warna
3. Bolpoin
4. Kertas karton
b. Rencana kegiatan
1. Bentuklah kelompok 4-5 anggota
2. carilah artikel dari buku maupun secara online yang memuat tentang terjadinya gempa yang pernah terjadi di indonesia (di utamakan kejadian yang terjadi pada daerah sekitar tempat tinggal siswa)
3. Amatilah artikel yang telah ditemukan dari sumber-sumber yang ada
4. Setelah mengamati atau membaca artikel yang berhubungan dengan
bencana gempa bumi yang terjadi pada wilayah sekitar
5. Siswa menggambar denah sekolah
6. Siswa memeberi tanda silang dengan pada gambar denah tersebut, tepat
pada bangunan yang sudah tua atau rawan roboh jika terjadi gempa
7. Siswa menandai tempat yang berada di dalam kelas yang dapat dijadikan
untuk berlindung disaat terjadinya gempa, melalui gempa.
8. Siswa menggambar atau menentukan jalur evakuasi pada saat terjadinya
gempa
9. Siswa menyebutkan atau menulis barang-banrang yang dapat di
pergunakan untuk berlindung pada saat terjadinya gempa, saat terjadi di
ruangan kelas sekolah
10. Siswa mempraktekan simulasi tanggap bencana gempa dengan petunjuk
yang telah di diskusikan dalam kelompok.
c. Pertanyaan
1. Apa manfaat dari simulasi tanggap bencana gempa yang telah dilakukan?
2. Bagaimana pemanfaatan ilmu yang telah didapatkan di kelas dalam
penerapan di kehidupan sehari-hari?
Dampak dari terjadinya gempa bumi
Pendahuluan
Pembelajaran geografi tidak lepas dari hubungan ilmu fisik dan ilmu sosial.
Dalam ilmu geografi dapat beberapa ilmu yang langsung berhubungan langsung
dengan kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat di jadikan sebagai pembelajaran
yang kontekstual.
Dalam pembuatan LKS mitigasi bencana terdapat manfaat dan dan tujuan
yang diperuntukan dari guru ke siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran yang dilakukan guru terhadap siswa, haruslah mempunyai petunjuk
kegiatan pembelajaran atau rincian kegiatan yang jelas, rinci, runtut. Hal ini dapat
dijelaskan dari beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh guru dan siswa. Pada
kegiatan pembelajaran siswa menjadi terjadwal, jelas dan pasti. Rincian kegiatan
siswa dapat terperinci, secra detail, serta seluruh kegiatan siswa runtut dan terstruktur.
Dalam pemebelajaran ini memiliki tujuan yang diharapkan menjadi pedoman
pembelajaran bagi guru. Tujuan bagi siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran
diharapkan siswa mampu memahami dan menerapkan yang telah di pelajari disekolah
dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
KD: Menganalisis mitigasi mitigasi bencana dan adaptasi bencana alam dengan
kajian geografi, dengan beberapa materi pokok, jenis dan karakteristik bencana alam,
sebaran daerah rawan bencana alam di Indonesia, usaha pengurangan resiko bencana
alam, kelembanggan penanggulangan bencana alam.
Langkah-langkah pembelajaran dalam adaptasi bencana gempa bumi
a. Alat dan bahan
1. Artikel
2. Pensil warna
3. Bolpoin
4. Kertas karton
b. Rencana kegiatan
1. Bentuklah kelompok 4-5 anggota
2. carilah artikel dari buku maupun secara online yang memuat tentang terjadinya gempa yang pernah terjadi di indonesia (di utamakan kejadian yang terjadi pada daerah sekitar tempat tinggal siswa)
3. Amatilah artikel yang telah ditemukan dari sumber-sumber yang ada
4. Setelah mengamati atau membaca artikel yang berhubungan dengan
bencana gempa bumi yang terjadi pada wilayah sekitar
5. Siswa menggambar denah sekolah
6. Siswa memeberi tanda silang dengan pada gambar denah tersebut, tepat
pada bangunan yang sudah tua atau rawan roboh jika terjadi gempa
7. Siswa menandai tempat yang berada di dalam kelas yang dapat dijadikan
untuk berlindung disaat terjadinya gempa, melalui gempa.
8. Siswa menggambar atau menentukan jalur evakuasi pada saat terjadinya
gempa
9. Siswa menyebutkan atau menulis barang-banrang yang dapat di
pergunakan untuk berlindung pada saat terjadinya gempa, saat terjadi di
ruangan kelas sekolah
10. Siswa mempraktekan simulasi tanggap bencana gempa dengan petunjuk
yang telah di diskusikan dalam kelompok.
c. Pertanyaan
1. Apa manfaat dari simulasi tanggap bencana gempa yang telah dilakukan?
2. Bagaimana pemanfaatan ilmu yang telah didapatkan di kelas dalam
penerapan di kehidupan sehari-hari?
Dampak dari terjadinya gempa bumi
Pengembangan Lembar kegiatan siswa LKS mapel geografi, topik bahasan mitigasi bencana kelas 11
Reviewed by eko priyo hartanto
on
06.52
Rating:
Tidak ada komentar: